Saturday 20 March 2010

SAKITKAH SAYA ???


Alhamdulillah,

Asyhaduallaah ilaaha illallaah, wa asyhaduanna Muhammadan ‘abduhu wa Rasuuluh.

Kerana Iman dan Islam yang masih dikurniakan oleh Allah Yang Maha Kuasa ke atas kita, ana masih dapat menulis blog ini untuk meneruskan perjuangan kita di dalam Islam.

Dalam kehidupan sehari-hari kita, untuk orang-orang yang beriman akan senantiasa diuji oleh Allah ta’ala dengan ujian yang menurut pengetahuan Allah ta’ala kita mampu mengatasinya. Yakinlah bahwa Allah ta’ala menguji kita hendak meningkatkan iman dan taqwa kita.


Di antara ujian Allah ta’ala yang akan ana sampaikan di sini adalah ujian sakit. Perkara sakit jasmani maupun kesembuhan sesungguhnya berada di genggaman Allah ta’ala. Jika Allah berkehendak kita sakit jasmani, seperit: pening, kanser, demam, stroke, dsb… ketahuilah bahwa Allah ta’ala hendak membersihkan dosa-dosa kita, doa orang yang sakit makbul (ijabah) di sisi Allah ta’ala. Dan Allah mengetahui bahwa dengan ujian sakit jasmani ini, kalau kita bersabar akan meningkatkan iman dan taqwa kita.

Begitu juga dengan kesembuhan, hanya Allah ta’ala yang boleh menyembuhkan segala penyakit, berbagai macam ubat-ubatan di dunia ini, para doktor, tabib, dan ahli pengubatan lainnya tidak akan pernah berhasil untuk menyembuhkan penyakit apapun kecuali atas izin Allah ta’ala.

Para pembaca yang baik, namun ada satu penyakit yang lebih sering menerpa kita, namun seringkali kita mengabaikannya, padahal sakit yang satu ini adalah akar dari segala penyakit. Apakah itu? SAKIT IMAN.

Apabila kita sakit iman, atau iman kita sedang menurun, kita seolah-olah tidak merasa kalau kita sedang sakit iman, kenapa? Karena iman kita lemah.

Itulah bezanya sakit jasmani dan sakit iman.

Sedangkan nikmat iman hanya akan terasa kalau iman kita dalam keadaan baik atau tinggi, bukan harus mengalami sakit iman dulu, soalnya kalau sakit iman, tidak akan pernah merasakan manisnya iman.

Kesan dari sakit iman tidak hanya akan dirasakan ketika kita sudah mati dan berada di alam akhirat, namun di dunia juga akan mempunyai kesan yang nyata. Pernahkan Anda mengalami selalu merasa was-was, putus asa, tidak tenang, stress, padahal di sekeliling anda begitu banyak duniawi yang menemani, seperti: kekayaan, jabatan, wanita/lelaki, keluarga, pendidikan, dll? Satu-satunya ubat hati adalah dengan memperbaiki iman dan amal sholih kita.

Beberapa gejala-gejala sakit iman ialah:
1. Keyakinan yang rosak atau tidak sempurna terhadap Allah ta’ala dan Rasulullah saw.
2. Sholat yang tidak khusyu’ dan tidak terjaga.
3. Malas menuntut dan mengamalkan ilmu agama, malas berdzikir.
4. Akhlaq yang kurang baik terhadap sesama muslim, non muslim, maupun makhluk Allah
yang lain.
5. Tidak pernah ikhlas dalam beramal.
6. Tidak mau berkorban harta, diri, dan waktu untuk kepentingan agama.

Mudah2an Allah ta’ala memberikan kita kefahaman agama dan diberikan kekuatan untuk mengamalkan dan menyampaikannya pada orang lain. Amiin.

0 comments:

Post a Comment

 

Dzatun Nithaqaini Copyright © 2008 Black Brown Art Template by Ipiet's Blogger Template